Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Jambore on The Air (JOTA) Jambore On The Internet (JOTI) Nasional ke-46 yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur, Jumat (17/10/2025).


Diskominfo Kaltim diwakili oleh Sefty Wulandari yang membawakan materi bertajuk “Personal Branding dan Etika Komunikasi”.


Dalam penyampaiannya, Sefty menekankan pentingnya membangun citra diri yang autentik di tengah derasnya arus informasi digital. Ia mengingatkan bahwa personal branding di era digital bukan lagi tentang bagaimana seseorang ingin terlihat hebat, melainkan bagaimana mampu menunjukkan jati diri yang sebenarnya dengan tetap beretika dan memberi dampak positif di ruang publik.


“Apa yang kita tulis, kita bagikan, dan kita komentari semuanya adalah potongan kecil dari cerita diri kita. Maka, mari pastikan setiap potongan itu mencerminkan nilai, sikap, dan karakter terbaik kita,” ujar Sefty.


Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa personal branding memang dapat menarik perhatian, tetapi etika-lah yang membuat seseorang dihormati dan dipercaya.


“Karena pada akhirnya, bukan seberapa sering kita tampil di layar yang penting, tapi seberapa dalam pesan kita bisa menyentuh dan menginspirasi orang lain,” tutupnya.


Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Jambore On The Air (JOTA) Nasional ke-88 dan JOTI Nasional ke-46, yang dilaksanakan di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur pada 17–19 Oktober 2025 mendatang.


Kegiatan tersebut menjadi ajang bagi generasi muda Pramuka untuk mengasah kemampuan komunikasi dan pemanfaatan teknologi secara positif dan beretika. (sef/pt)

Foto : Adding

Comments (2)
Leave a Comment