Samarinda — Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal, mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memiliki mindset digital dalam memberikan pelayanan publik.
Hal ini disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Pelatihan Pelayanan Publik Berbasis IT Angkatan I yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim, Selasa (22/7/2025).
Dalam pelatihan bertema “Digitalisasi Pelayanan Publik di Provinsi Kalimantan Timur” tersebut, Faisal mengingatkan bahwa era digital bukan lagi soal perangkat dan sistem, tetapi tentang pola pikir.
“Mindset digital adalah pola pikir bagaimana digital membantu pekerjaan kita, bukan kita yang mencari digital” tegasnya.
Lebih lanjut, ia mengajak seluruh ASN untuk memulai transformasi dari hal-hal kecil di lingkup pribadi dan pekerjaan sehari-hari.
“Mulailah dari hal kecil, baru dari hal besar. Mulai dari sendiri, baru mengajak orang lain” pesan Faisal, menekankan pentingnya aksi nyata dalam perubahan budaya kerja.
Kehadiran Faisal dalam pelatihan yang digelar di ruang kelas A1.1 ini memberikan sudut pandang praktis dan strategis bagi peserta.
ASN dari berbagai Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kaltim tampak antusias mengikuti materi, serta aktif berdiskusi mengenai penerapan layanan digital di unit kerja masing-masing.
BPSDM Kaltim sebagai penyelenggara berharap pelatihan ini menjadi momentum bagi ASN untuk memperkuat peran sebagai pelayan publik yang adaptif dan responsif terhadap kemajuan teknologi informasi.
Dengan menguatkan mindset digital di kalangan ASN, Muhammad Faisal menegaskan bahwa transformasi pelayanan publik di Kaltim bukan sekadar wacana, tetapi gerakan nyata yang dimulai dari pola pikir setiap individunya. (hmd/dfa)